https://lh6.googleusercontent.com/_4tBtkYSJy6k/TWgUmJKRtcI/AAAAAAAABGI/w9_UVwOINt4/s288/topnavbar-c1.png' 4.bp.blogspot.com -->
Facebook Twitter Friendfeed
Gratis berlangganan artikel Yudha Creation via mail, join sekarang!

Selasa, 08 Maret 2011

Kawah Putih Gunung Patuha Ciwidey (Bandung - Jawa Barat)

Sobat blogger kali ini saya akan posting tentang tempat wisata yang berada didaerah terletak sejauh kurang lebih 46 km di Selatan Bandung, melewati Kota Ciwidey, Kawah Putih Gunung Patuha adalah salah satu tujuan wisata dengan keindahan alam masih asri hingga kini. Berbeda dengan kawah Tangkuban Perahu yang sebagian besar sudah tidak aktif, Kawah Putih Gunung Patuha ini masih aktif hingga kini. Disana kita bisa melihat uap panas yang keluar dari bebatuan yang kita injak dan gelegak air di tengah kawahnya. Sementara aroma belerang tercium, namun tak terlalu keras, kala berada di sekitar kawah.

Danau Kawah Putih mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri. Air danau kawahnya selalu berubah-ubah warna. Terkadang berwarna hijau apel dan kebiru-biruan —bila terik matahari dan cuaca terang, terkadang pula berwarna coklat susu dan yang paling sering dijumpai adalah berwarna putih disertai kabut tebal di atas permukaan kawah. Bahkan, tatkala sore hari, air danau kawah pun, tiba-tiba pasang surut. Selain permukaan kawah yang berwarna putih, pasir dan bebatuan di sekitarnya pun didominasi warna putih. Karenanya kawah itu dinamakan Kawah Putih.

Gunung Patuha, yang konon berasal dari nama Pak Tua —masyarakat lebih sering menyebutnya dengan Gunung Sepuh (tua), memiliki ketinggian 2.434 m dpl, dengan kisaran suhu 8-22 derajat Celsius. Di puncak Gunung Patuha itulah, terdapat Kawah Saat yang berada di bagian barat dan di bawahnya Kawah Putih dengan ketinggian 2.194 m dpl. Kedua kawah itu terbentuk akibat letusan yang terjadi pada abad X dan XII silam.


Terkenal karena keangkerannya, misteri di seputar danau kawah putih baru terungkap tahun 1837, oleh seorang ilmuwan Belanda peranakan Jerman, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn. Ketika itu, Junghuhn mengadakan perjalanan ke Gunung Patuha, dia sempat bertanya pada masyarakat setempat tentang suasana alam yang dirasakannya sangat hening dan sunyi. Ternyata dia mendapat jawaban, bahwa di kawasan tersebut merupakan daerah angker sebagai kerajaan jin dan tempat bersemayamnya roh para leluhur.

Namun, Junghuhn tidak mempercayai cerita itu begitu saja, sambil melanjutkan perjalanan menembus hutan belantara hingga akhirnya menemukan sebuah danau kawah yang indah. Dari dalam danau itu keluar semburan lava bau belerang yang menusuk hidung. Ternyata kondisi belerang yang sangat tinggi itulah yang menyebabkan burung enggan untuk terbang di atas permukaan kawah.

Namun demikian, meski keindahan danau Kawah Putih dan Kawah Saat terungkap, tetap saja tersembunyi —tidak dikenal dan belum bisa dinikmati oleh masyarakat luas. Hingga 1987 PT Perhutani (Persero) KPH Unit III Jabar dan Banten mengembangkannya menjadi sebuah objek kunjungan wisata.

Fasilitas pendukung di lokasi ini masih terus dikembangkan. Di dekat lahan parkir lokasi ini, sedang dibangun gubuk-gubuk bambu yang rencananya akan dijadikan lokasi pusat jajanan dan warung serba ada. Dengan cara ini, petani atau pedagang yang berjualan dapat menjadi lebih tertib dan rapih.

Dilokasi ini, kita bisa membeli hasil kebun para petani di sekitar Ciwidey, seperti strawberry, jagung bakar dan rebus, dan buah pepito. Harganya sangat murah dibandingkan jika kita membelinya di Jakarta.

Toilet dan musholla juga tersedia di lokasi ini, dan dikelola dengan sangat baik dan bersih oleh masyarakat sekitar. Sangat disayangkan bahwa jumlah toiletnya hanya ada 1 bangunan dengan 3 pintu, dibandingkan dengan jumlah pengunjung yang hadir dan akan menggunakan toilet tersebut. Sumber air diperoleh dari air pompa yang pada musim kemarau sangat sedikit dapat mengeluarkan air. Mungkin dikarenakan tekstur dan kontur daerah tersebut yang menyebabkan sulitnya perolehan air bersih. gimana sobat ingin jalan-jalan Kawah Putih Gunung Patuha Ciwidey (Bandung - Jawa Barat)  menarik bukan.

Artikel Terkait



8 komentar:

gestun mengatakan...

jejak petualangan....

info piala oscar mengatakan...

nice article...................

Pakan Pengganti Rumput Untuk Kelinci mengatakan...

terimakasih sudah berbagi info nya gan
ditunggu update nya

Tips Menghindari WC Mampet mengatakan...

terus update informasi2 yang menraik dan bermanfaat gan
terimakasih

cara-mengusir-tikus-di-sawah mengatakan...

bagus gan info nya
yang sangat bermanfaat
ditunggu update nya

cara meningkatkan bobot ayam broiler mengatakan...

makasih gan info nya sangat menarik
dan bermanfaat
terus berkreasi gan

Suplemen organik cair mengatakan...

mantap gan info nya
dan sangat menarik sekali
ditunggu update nya

mobil terbang mengatakan...

mobil terbang

Posting Komentar

Bagi Rekan-rekan sekalian silahkan comment.
Pilih Name/Url . isi dengan nama anda. Kami akan berusaha untuk lebih baik.
Terima kasih sudah berkunjung..